12 April 2022

21 March 2017

Daun Meningkatkan Kesuburan

Ingin Meningkatkan Kesuburan Secara Alami? 4 jenis Daun Daunan berikut ini dipercaya mampu meningkatkan kesuburan loh.

1. Daun wortel (lobak merah)

Daun wortel mengandung porphyrins. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk memberikan rangsangan pada kelenjar pituary sehingga mampu untuk meningkatkan hormone yang berkaitan dengan seksual. Secara ototmatis, daun wortel sangat bermanfaat untuk meningkatkan gairah seksual dan meningkatkan kesuburan.

(http://www.khasiat.co.id/daun/daun-wortel.html)

2. Daun seledri

Vitamin A dan Vitamin C dalam daun seledri sangat penting untuk kesuburan. Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam daun seledri bermanfaat sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi sel telur dan sel sperma dari radikal bebas yang bisa menurunkan kualitas kesuburan pria dan wanita.

3. Daun kemangi

Dalam satu lembar daun kemangi terdapat arginine yang bermanfaat untuk menurunkan gula darah, mencegah dari kemandulan, dan menambah kuat daya tahan hidup sperma. Dengan kondisi sperma yang sehat, maka kemungkinan terjadinya pembuahan akan sangat besar. Kehamilan akan terjadi jika sel telur yang sudah matang dibuahi oleh sel sperma yang sehat. Selain itu, kandungan boron yang terdapat dalam kemangi berfungsi untuk memberikan rangsangan dalam memproduksi hormon estrogen dan androgen. 


Tanaman ini juga mengandung minyak atsiri, asam askorbat, asam kafeat, iskulin, histidin, magnesium, betakaroten, dan betasitosterol. Semua nyawa berkhasiat ini diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan.

Untuk meningkatkan vitalitas, dianjurkan untuk mengkonsumsi daun kemangi sebagai teman makan sehari-hari. Bagi masyarakat Sunda di Jawa Barat, daun kemangi merupakan menu “wajib” baik dimakan mentah sebagai lalapan atau sebagai bumbu pepes ikan segar. Mengonsumsi daun kemangi dalam waktu lama merupakan cara terbaik untuk memperoleh manfaat maksimal bagi pria maupun wanita.

Kedua hormon tersebut sangat penting dalam system organ reproduksi wanita.

4. Daun katuk

Daun katuk dipercaya sebagai daun yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan jumlah ASI pada ibu menyususi. Tapi dibalik manfaat untuk ibu menyusui, daun katuk sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pria. Kandungan yang terdapat pada daun katuk bisa meningkatkan kualitas dan mutu sperma sehingga kesuburan pria meningkat.

Tambahkan beberapa daun di atas ke dalam menu makanan Anda sehari-hari untuk meningkatkan kesuburan.


Kredit: http://www.sehatituharus.com/2015/06/4-daun-ini-bisa-meningkatkan-kesuburan.html 


5. Semangka

Jika kita makan sepotong semangka (1/8 bagian), berarti kita sudah mengasup 15-20 mg likopen. Bersama vitamin C dan betakaroten dalam buah semangka, likopen dapat melawan berbagai jenis kanker. Dalam sebuah riset dilaporkan bahwa konsumsi likopen yang cukup pada pria bisa membantu menurunkan resiko kanker prostat.

Di India pernah dilakukan penelitian terhadap 30 pasangan tidak subur, khususnya terhadap laki-laki dari pasangan tersebut yang berusia 23-45 tahun. Mereka memiliki masalah dengan sperma, yakni jumlah sperma terbatas, struktur sperma tidak normal,dan pergerakannya lamban. Dua kali dalam sehari mereka diberi makanan kaya likopen yang masing-masing menyumbangkan 20 mg likopen (setara 1/2 bagian semangka) selama 3 bulan terus-menerus. Hasilnya, setelah 3 bulan menjalani terapi, rata-rata jumlah sperma mereka meningkat 67%, struktur sperma mengalami perbaikan sebanyak 63%, dan kegesitan sperma melonjak 73%. Yang mengejutkan, 6 di antara laki-laki yang tadinya tidak subur tersebut ternyata sukses menghamili istrinya. Jadi, tidak ada salahnya jika ingin mendapatkan keturunan kita memperbanyak konsumsi semangka.

Semangka juga menyimpan senyawa pembangkit gairah, yaitu sitrulin. daya kerja senyawa ini diketahui setara dengan viagra. Senyawa kelompok asam amino ini dapat memicu produksi nitrit oksida, yang berperan dalam peningkatan kemampuan seksual pria. Sitrulin juga mudah diserap tubuh dan mengalir dalam darah.

6. Jambu Biji Merah

Hampir semua buah berwarna cerah kaya likopen. Meski tampak berwarna kekuningan pada bagian luar buah jambu biji lokal merah, namun bagian daging buahnya sangat merah. Seperti halnya tomat, daging buah jambu biji lokal yang berwarna merah juga kaya akan likopen. Likopen dalam jambu biji lokal merah bersifat antioksidan dan menyuburkan sistem reproduksi pria. Oleh karena itu, konsumsi jus jambu biji merah secara rutin juga dapat meningkatkan kesuburan pada pria.

7. Pegaga

Pegaga juga dikenal sebagai antanan, adalah tanaman merambat yang sering dimakan sebagai lalapan segar, terutama di Jawa Barat. Asinan Bogor adalah makanan khas daerah yang memasukkan antanan sebagai salah satu sayuran dalam racikan asinan. Sayuran ini memberikan rasa manis dan sejuk.

Dalam pegagan terkandung asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahminoside, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inositol, centellose, carotenoids, garam-garam mineral seperti garam kalium, natrium,magnesium, kalsium, besi, vellarine, dan zat samak atau tanin. Madecocassosida dapat memacu produksi kolagen. Kolagen ini sangat besar perannya dalam regenerasi sel kulit termasuk sel telur (ovum) pada wanita dan sel sperma pada pria. Pegagan juga mengandung karoten yang berperan sebagai antioksidan. Karoten juga menjaga mutu sperma dan sel telur. Caranya dengan melindungi dinding sperma dan sel telur dari kerusakan akibat radikal bebas. Mineral-mineral seperti kalium, natrium, kalsium, besi dan fosfor dalam pegagan juga penting bagi kesehatan tubuh.

Khasiat lain dari pegagan adalah anti infeksi, antitoksik, penurun panas, peluruh air seni, mengobati luka dan keloid, varises dan hemoroid (ambeien), serta antilepra.

Hmmm… ternyata tidak sulit mencari bahan-bahan makanan yang dapat meningkatkan kesuburan pasangan suami-istri. Daripada minum obat-obatan yang tidak jelas asal-usulnya, lebih baik kita memulai mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan di atas secara rutin.(Mediasehat.com)

No comments: